Provinsi Bandar Lampung

Provinsi Bandar Lampung


Lampung (Aksara Lampung) adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau SumatraIndonesia, dengan ibu kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki dua kota yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Objek wisata yang ada di Lampung

1. Taman Kupu-kupu Gita Persada, taman wisata edukasi anak mengenal penangkaran kupu-kupu


tempat wisata hits di bandar lampung terbaru
Beralamat di Kelurahan Sumber Agung Kemiling, tempat wisata anak di Bandar Lampung ini menjadi salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi bersama keluarga.

2.Foto 3D Lampung Walk, tempat wisata hits di Bandar Lampung

tempat wisata hits di bandar lampung, lampung walk




Foto-foto di sini tentu membuat instagram anda lebih kekinian.



Jam buka Lampung Walk 3D dari jam 10 pagi dan tutup jam 10 malam.

 Lokasi: Kompleks Wisata Lampung Walk di Bandar Lampung. HTM: 30-40 ribu rupiah.
3. Taman Nasional Way Kambas


wisata di lampung



Tempat wisata Way Kambas merupakan sebuah destinasi wisata Lampung yang paling terkenal. Way Kambas merupakan taman suaka alam yang merupakan wisata di Lampung Timur.Way Kambas terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Jika dari Bandar Lampung bisa anda tempuh dalam waktu 2 jam.

4.Pantai Pasir Putih








wisata di lampung


Provinsi Lampung juga memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan pemandangan indah. Pantai pasir putih berjarak sekitar 20 km dari kota Bandar Lampung.Hamparan pasir putih menawan dan juga birunya air laut membuat suasana menjadi nyaman.

5.Menara Siger Lampung










Lokasi: Jalan Lintas Timur Sumatera, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung

6.Kawasan Wisata Cakat Raya










Lokasi: Menggala, Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang, Lampung

7.Taman Wisata Lembah Hijau










Lokasi: JI. Radin Imba Kesuma Ratu No. 21, Kel. Sukadana Ham,, Tanjung Karang Barat, , Kota Bandar Lampung, Lampung

8.Museum Lampung








Photo by @ferdianaseptia

Lokasi:  Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung



 9. Muara Way Sindi Krui







Lokasi: Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung


10.Pantai Tengor Karang Bebai





Lokasi: Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus , Lampung

11.Bendungan Margotirto, Gisting

Instagram.com/sugabibaInstagram.com/sugabiba
Alamat: Campang, Gisting, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

12.Mata Air Way Sumpuk, Tanggamus

Instagram.com/ghoster21Instagram.com/ghoster21
Mata Air Way Sumpuk mulai hits pada akhir 2016 lalu sebagai salah satu spot foto underwater yang murah meriah, tapi hasilnya tetap oke. Tempat ini memang tidak luas, tapi airnya sangat jernih, sehingga cocok buat yang ingin berfoto di dalam air. 
Alamat: Umbul Buah Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Makanan khas Lampung

  1. Sambal Lampung









Bagi pencinta pedas, oleh-oleh khas yang satu ini wajib kamu bawa pulang saat berkunjung ke Kota Lampung. Sambal ini terdiri dari berbagai pilihan yang menarik, mulai dari sambal goreng udang, sambal cuka, sambal ijo Lampung, sambal bawang Lampung, sambal ikan peda, serta sambal tempoyak dan seruit yang tak kalah lezat. Kamu bisa mendapatkan masing-masing sambal dengan harga sekitar Rp25.000 per botol.
  1. Kemplang




Serupa dengan kerupuk ikan asal Palembang bernama amplang, oleh-oleh khas Lampung yang satu ini juga berbahan dasar ikan tenggiri. Bedanya, penduduk setempat menyebut jajanan renyah ini dengan nama kemplang.

3.Lempok Durian


Di Pulau Jawa, lempuk disebut juga dengan istilah dodol atau jenang karena proses pembuatan keduanya yang sama persis. Di Lampung, lempuk menjadi salah satu oleh-oleh populer yang bisa kamu bawa pulang. Dalam proses pembuatannya, daging durian dikeluarkan dan dibuang bijinya. Kemudian, daging durian dicampurkan dengan gula dan dimasukan ke kuali untuk dimasak.Lempuk durian umumnya dijual dengan harga sekitar Rp35.000 – Rp40.000 untuk ukuran 200 gram.  
4. Bejak Enjak




Kuliner khas Lampung lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah bejak enjak. Oleh-oleh ini merupakan salah satu panganan tradisional Lampung yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Bejak enjak sangat kaya akan serat dan karbohidrat, sebab pembuatannya menggunakan bahan dasar campuran gula, pisang raja, dan ketan putih yang dikukus dan dibungkus dalam daun pisang.
5. Kopi Durian








Penambahan ekstrak durian pada serbuk biji kopi masih tergolong baru, bahkan untuk menghasilkannya diperlukan teknologi mutakhir dan inovatif. Tak heran, jika kopi durian menjadi oleh-oleh khas Lampung yang banyak diburu oleh wisatawan. Biasanya, kopi durian ini memadukan kopi jenis robusta dengan daging buah durian yang begitu manis.Kopi durian khas Lampung ini dijual dalam tiga kemasan berbeda, yaitu ukuran 100 gram Rp15.000, 250 gram Rp30.000, dan ukuran saset kecil 15 gram Rp3.000.

6. Mi khodon 

makanan khas lampung
Mi Khodon merupakan makanan khas Lampung yang memiliki porsi besar dan bertekstur kenyal. Biasanya disajikan dengan cara ditumis dengan campuran sayuran kol dan ayam kampung serta taburan ebi yang membuat hidangan makin mantap. Biasanya disajikan berkuah dan tidak berkuah sesuai selera sang pembeli.

7.Seruit


Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. 

8.Tempoyang




khas kota Lampung yang satu ini,Tempoyang merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah difermentasikan.

9.Gulai Taboh 


Gabing merupakan makanan yang menggunakan bahan utama batang kelapa yang masih muda. 

10.Keripik Pisang


makanan khas lampung
Keripik pisang khas Lampung memng sudah sangat poluler dikalangan masyarakat Indonesia dengan kelezatannya. 
11.Panggang Lampung


Panggang merupakan makanan khas dari Lampung yang proses pembuatannya harus diasapi ataupun dipanggang. Sehingga tak heran jika makanan khas Lampung ini dikenal dengan nama panggang
Ciri khas orang Lampung
*Cara makan orang Lampung
pola makan masyarakat Lampung dengan menggunakan seruit. Dalam masyarakat Lampung dikenal dua seruit, yaitu orang Lampung Pe padun dan Sai batin. orang Lampung tidak bisa menggunkaan nyeruit babi, tetapi harus nyeruit ikan. 
*Rumah adat Lampung



Nuwo sesat adalah salah satu rumah adat yang ada di Lampunh. Nuwo Sesat berfungsi sebagai tempat pertemuan adat bagi para purwatin (Penyimbang) pada saat mengadakan pepung adat (Musyawarah). Karena itu rumah adat ini juga disebut Balai Agung.

*Bahasa
Bahasa lampung sendiri memiliki 2 dialek yang biasa di gunakan yaitu dialek API dan dialek NYOW.
*Agama
Masyarakat Lampung didominasi oleh agama Islam, namun terdapat juga agama Kristen, Katolik, Budha dan Hindu. 

*Tari Bedana



Tari Bedana - Tarian dari Lampung
Tarian Daerah Lampung selanjutnya adalah Tari Bedana yang diyakini berkembang dari ajaran agama Islam. Selain itu, tarian tradisional ini turut menggambarkan kehidupan dan budaya masyarakat Lampung yang dikenal ramah dan cenderung terbuka.

  1. Terima kasih:)












































Komentar

Postingan populer dari blog ini

TENTANG DIRIKU...

Menjaga semangat ibadah pasca ramadhan